Definisi WiFi dan Sejarahnya

Source: Google

Ada juga banyak tempat bisnis yang menarik pelanggan dengan mempromosikan Wifi gratis untuk siapa saja yang ingin berkunjung sambil bersantai sejenak.

Tapi tahukah Anda apa sebenarnya Wifi itu, dan apa hubungannya dengan hotspot, yang sering juga berarti apa artinya Wifi? Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang definisi fungsi Wifi dan cara kerjanya.

Definisi wi-fi

Secara umum, pengertian Wifi adalah teknologi untuk bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) melalui penggunaan berbagai peralatan elektronik.

Peralatan elektronik yang diperlukan seperti komputer, smartphone, tablet, atau bahkan konsol video game dapat terhubung ke jaringan komputer, termasuk Internet, melalui Wifi.

Perangkat elektronik harus berada di titik akses nirkabel (hotspot) untuk dapat terhubung ke jaringan Wifi. Pada jaringan Wifi, titik akses biasanya memiliki jangkauan hingga 20 meter di dalam ruangan, beberapa di antaranya lebih jauh dari Wi-Fi eksternal.

WiFi itu sendiri sebenarnya adalah jalan pintas menuju kesetiaan nirkabel. Secara umum, untuk dapat terhubung ke perangkat elektronik, Wifi menggunakan frekuensi frekuensi radio di kisaran 2,4GHz hingga 5GHz.

Bertambahnya usia mengubah Internet dari apa yang sebelumnya hanya kebutuhan ke tingkat ketiga, sekarang tampaknya menjadi kebutuhan dasar.

Inilah sebabnya mengapa banyak pengusaha juga menggunakan Wi-Fi sehingga pelanggan mereka dapat menikmati waktu lebih lama di restoran / kafe mereka.

Sejarah WiFi

Wifi tidak hanya muncul, ada sejarah perkembangan Wifi yang dapat dijelaskan secara singkat dalam poin-poin berikut:

  • 1997: Jaringan nirkabel bernama 802.11 dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)
  • 1999: Nirkabel B muncul pada kecepatan data 11 Mbps. Tetapi masih memiliki titik lemah, frekuensi operasi hadir pada angka 2,4 GHz, yang juga banyak digunakan oleh frekuensi peralatan rumah tangga seperti oven microwave, sehingga sinyalnya mudah terputus.
  • 2003: Aplikasi G Nirkabel muncul dengan kecepatan transfer data maksimum 54 Mbps. Masih bekerja pada frekuensi 2,4 GHz.
  • 2009: Wireless N muncul, mendukung kecepatan transfer data hingga 300Mbps (2 antena) atau 450Mbps (3 antena). Jangkauan yang lebih luas dari sinyal G nirkabel
  • 2014: Kecepatan AC nirkabel menunjukkan 500MB / s – 1Gbps. Ia bekerja pada frekuensi 5GHz.

jenis-jenis-komputer

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*