Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepakbola Internasional

Sepak bola dimulai di luar Indonesia. Sepak bola berkembang sedemikian rupa sehingga menjadi ciri khas permainan seperti sekarang ini. Sehingga sejarah sepakbola internasional terbagi menjadi 2, yaitu sejarah sepakbola kuno dan sejarah sepakbola modern. Berikut ulasannya yang dilansir dari situs Trifaris.net:

Sejarah Sepakbola Kuno

Sejarah sepak bola kuno dapat ditelusuri kembali ke negara yang disebut Cina, tepatnya selama dinasti Han yang berlangsung antara abad kedua atau ketiga sebelum kalender Kristen diterapkan. Sepak bola pada waktu itu menggunakan bola kulit dan gawang kecil, sehingga untuk membuatnya cukup sulit.

Nama pertandingan sepakbola pada saat itu disebut “Tsu Chu”. Selain Cina, olahraga seperti ini juga ditemukan di Jepang dengan nama “Come here”, yang merupakan permainan dribbling yang terbuat dari kulit rusa.

Olahraga yang sama juga ditemukan di daerah lain seperti Roma, Inggris, Amerika Utara dan Mesir Kuno. Selain itu, game sepakbola kuno berkembang menjadi game sepakbola modern.

Sejarah Sepakbola Modern

Awal sepak bola ditandai oleh pembentukan organisasi asosiasi sepak bola yang berbasis di Asosiasi Sepak Bola Freemason’s Tavern, London, Inggris.

Pada pertandingan itu, hanya satu aturan yang ditetapkan untuk pertandingan sepakbola, yang kemudian diikuti oleh asosiasi sepakbola dari Wales, Skotlandia dan Irlandia. Kemudian federasi membentuk Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) sebagai asosiasi terbesar untuk mengelola peraturan sepak bola dunia.

Sepak bola tumbuh dan akhirnya Federasi Internasional Asosiasi Sepak Bola (FIFA) didirikan di kota Paris, Prancis, yang diciptakan pada 21 Mei 1904. Kompetisi sepakbola yang terbentuk pada waktu itu masih diklasifikasikan sebagai Olimpiade dengan jumlah yang semakin meningkat. anggota. Karena perkembangan yang cepat, sepakbola akhirnya tiba di kepulauan.

Sejarah Sepakbola Indonesia

Sepak bola di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari kunjungan dari negara lain yang berdagang atau menjajah. Pertama kali sepakbola di Indonesia diperkenalkan oleh Cina, yang ingin menunjukkan keunggulannya agar tidak kalah di negara-negara Eropa.

Ini terbukti dari terbentuknya banyak asosiasi yang mapan, salah satunya adalah UMS Jakarta. Sepak bola Indonesia telah membuat kemajuan besar sehingga dapat maju ke arena Piala Dunia 1938.

Sebelum berpartisipasi dalam ajang piala dunia, Indonesia membentuk asosiasi yang menampung semua tim sepak bola di Indonesia, yaitu All Indonesian Football Association (PSSI) pada 19 April 1930 di Yogyakarta.

Tokoh penting di balik berdirinya PSSI adalah Soeratin Sosrosoegondo. Dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepakbola negara dengan memasukkan pembentukan Liga Super Indonesia dan banyak nama asosiasi sepakbola lainnya.

Selain itu, PSSI juga telah membentuk kompetisi dan kompetisi sepak bola wanita dengan kategori usia tertentu (U-15, U-17, U-19, U-21 dan U-23). Dan pada akhirnya klub-klub baru bermunculan di Indonesia sejauh ini.

Ini adalah cita rasa sejarah sepakbola baik internasional maupun di Indonesia. Selain mempelajari sejarahnya, itu tidak lengkap jika permainan sistematis tidak dibahas. Segala sesuatu tentang karakteristik permainan sepakbola akan dipelajari dalam materi sepakbola.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*